Jumat, 25 Februari 2011

zaman Renaissance


Renaissance berasal dari kata Re (kembali) dan Naitre (lahir). Jadi, arti renaissance sebenarnya adalah lahirnya kembali orang Eropa untuk mempelajari ilmu pengetahuan Yunani dan Romawi Kuno yang ilmiah / rasional.
Sebelum Renaissance, bangsa Eropa mengalami jaman kegelapan / The Dark Age. Dalam jaman itu gereja berkuasa mutlak, ajaran gereja menjadi sesuatu yang tidak boleh dibantah. Dalam perkembangannya mulai muncul gerakan yang mencoba melepaskan dari ikatan itu yang disebut gerakan Renaissance. Dalam jaman itu pula, pemikiran-pemikiran ilmiah tenggelam oleh dogma-dogma Gereja.

Setelah Renaissance, pemikiran orang-orang Eropa mengalami perubahan di bidang :
1. Perubahan pada SDM
    a. Perubahan pola pikir emosional menjadi rasional. Pemikiran yang rasional menjadi dasar               utama / satu-satunya jalan untuk mengungkap rahasia alam, bukan melalui agama. Agama           gereja mulai ditinggalkan.
    b. Pada jaman abad tengah, kehidupan di Eropa diatur oleh ”Theosentris’’ yaitu segala sesuatu         berpusat pada kepercayaan. Namun setelah muncul Renaissance, kehidupan mereka diatur         oleh ’’Anthroposentris’’ yaitu segala sesuatu yang dilakukan berpusat pada manusia. Pada             abad tengah mereka percaya pada takdir, tapi pada renaissance mereka percaya pada nasib.
    c. Pada jaman abad tengah segala sesuatu dilakukan secara kolektif. Sebaliknya pada jaman               renaissance, segala sesuatu dilakukan secara individual
    d. Pada jaman abad tengah segala sesuatu dilakukan berdasarkan spiritual. Dan di jaman                    renaissance, segala sesuatu dilakukan berdasarkan materi.
2. Perubahan pada Kebudayaannya
Pada perubahan kebudayaan ini yang ditekankan adalah membentuk manusia yang humanis. Humanisme adalah proses pembentukan manusia yang otonom, rasional, bebas, bertanggungjawab, sehat fisik dan spiritual.
Perubahan kebudayaan ini adalah pada bidang seni. Yaitu seni bangunan / arsitektur, seni lukis ( Monalisa ; yang dilukis oleh Leonardo da Vinci ), seni patung ( patung PIETA – patung Yesus dipangkuan Bunda Maria - ; yang dibuat oleh Michelangelo ).

Mengapa Muncul RENAISSANCE?
Latar belakangnya adalah sebagai usaha pembaharuan kebudayaan Romawi dan Yunani yang pada masa abad tengah / masa kegelapan sempat dilupakan, yaitu tipe manusia yang otonom dan mandiri. Disini Renaissance lahir sebagai pembaharu untuk membentuk manusia yang mandiri, utuh, otonom, dan bertanggungjawab. Pola pikir abad tengah ( terbelenggu ajaran gereja ; disalahgunakan ) diganti dengan pola pikir rasional baik SDA maupun SDM nya sehingga manusia bisa berkembang.


Dampak RENAISSANCE
1. Berkembangnya ilmu pengetahuan ( IPTEK )
2. Orang mulai berpikir kritis. Menjadi maju, baik SDM maupun kebudayaannya
3. Reformasi Gereja
sumber : dari berbagai sumber yang telah disarikan
http://www.satchafunkilus-distortion.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar